BELAJAR BAHASA INGGRIS DI TK

Bahasa Inggris Untuk TK, Mungkinkah? Sulitkah?


   SANGAT MUNGKIN, Bahasa Inggris atau bahasa apapun sebenarnya intinya adalah habit kebiasaan, kalau kebiasaan itu ditanamkan sejak dini mungkin akan lebih mudah menguasainya, kenapa orang Bali bisa bahasa Bali? karena sejak bayi lingkunganya Bahasa Bali. Ini juga berlaku buat bahasa Inggris.

Pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Taman Kanak kanak atau TK sangat penting mengingat peranannya di era globalisasi seperti sekarang ini. Hampir setiap hari anak TK mendengar kedua orang tuanya menyebut di photo copy, printer,di print , di upload, di install dsb. Untuk itulah pengajaran Bahasa Inggris di tingkat Taman Kanak Kanak ini penting diperkenalkan sejak dini. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa tujuan pembelajaran bahasa inggris untuk anak TK bukan untuk mereka fasih berbahasa inggris tetapi bagaimana caranya mereka senang bahasa inggris sehingga di tingkat pendidikan yang lebih tinggi mereka mau belajar bahasa inggris.
Ada beberapa pengamat menilai bahwa pemberian pelajaran bahasa Inggris sejak tingkat taman kanak-kanak (TK) memberatkan siswa karena bahasa Inggris bukan bahasa nasional atau bahasa ibu yang sering mereka dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Menurut penelitian, anak-anak TK umur 5-6 tahun bisa dengan cepat mengucapkan kata baru yang sulit. Hal ini disebabkan anak-anak di usia mereka masih sedikit mempunyai konsep di dalam pikirannya berbeda dengan orang dewasa yang terkadang melawan konsep yang diberikan, karena konsep bahasa ibu terkadang berbanding terbalik dengan bahasa Inggris. Hal ini merupakan sebuah keuntungan dan sekaligus kelemahan karena karakteristik anak TK cepat belajar dan cepat lupa. Mereka cepat belajar sesuatu tetapi hanya memiliki short term memory, sehingga harus digunakan berbagai metode dan teknik agar anak-anak tetap mengingatnya.
Dunia anak adalah dunia bermain. Maka dari itu, sistem pengajaran kita harus mengikuti pola pikir dan dunia mereka. Jadikanlah materi yang anda berikan semenarik mungkin seperti permainan yang biasa mereka lakukan. Jadi dalam mengajarkan bahasa kepada mereka, input harus benar agar outputnya juga bagus. Jangan pernah mengatakan hal yang salah kepada anak TK karena mereka akan mengikuti yang salah. Kunci sukses mengajar anak adalah sabar. Jangan sekali-kali membentak dan memarahi anak yang tidak mengerti ataupun susah mengerti. Dekatilah mereka dan tanyakan apa yang mereka tidak mengerti dan ajarkan secara perlahan-lahan.
Pertanyaannya, bagaimana caranya untuk membuat pengajaran bahasa Inggris ini menjadi menarik di mata anak-anak TK, bukan menjadi momok atau sesuatu yang menakutkan. Karekteristik mereka adalah cepat belajar dan cepat lupa, agar mereka mempunyai long term memory bisa digunakan beberapa cara:
1. Vocabulary, vocab atau kosakata dalam bahasa Inggris yang diberikan kepada siswa TK sebaiknya tematis, mengikuti tema-tema yang ada dalam kurikulum TK. Misalnya, pada saat saat guru kelas sedang mengajarkan tema “DIRI SENDIRI”, maka kita pun sebagai guru Bahasa Inggris sebaiknya mengajarkan kosakata terkait, misalnya tentang anggota tubuh dan panca indra.
2. Short expressions, Gunakan ungkapan bahasa Inggris sederhana secara berulangulang setiap hari, sehingga mereka akan terbiasa/bisa tanpa mereka sadari. Misalnya: ungkapan-ungkapan (phrasa atau sentence) dasar, mulai dari tanya jawab salam sapa, nama, umur dan ungkapan-ungkapan di ruang kelas (classroom expressions: Sitnicely!, Sit down please!, Stand up, please!) dan seterusnya.
3. Media yang bervariasi, jangan menggunakan media yang monoton. Ini bisa berupa flash card atau gambar, alangkah baiknya menggunakan real things atau video untuk mengajarkan kosakata. Anak-anak mudah sekali tertarik terhadap apapun yg ada disekeliling mereka. Jadi dalam proses pengajaran, anda bisa menggunakangambar-gambar pada dinding kelas TK yang biasanya ada gambarnya atau benda-benda yang ada disekitar sekolah. Secara tidak langsung mereka akan mengingat hal itu tanpa harus kita suruh.
4. Songs & Movement, bila anda tidak mau menyanyi saat mengajar Bahasa Inggris di TK sebaiknya anda berhenti menjadi guru Bahasa Inggris di TK. Tetapi perlu diingat lagu-lagu yang anda ajarkan juga sebaiknya sesuai dengan tema yang diajarkan, dan usahakan setiap lagu yang diajarkan ada gerakannya agar mereka merasa bermain.
5. Story Telling: selain lagu, story telling juga bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan karena anak-anak cepat bosan kalau cuma hanya diberikan nyanyian terus-menerus. Anak–anak akan lebih antusias jika mereka mendengar cerita. Story tellingini juga bisa dikombinasikan dengan song, sebelum mereka diajarkan bernyayi, ada baiknya kita menceritakan isi lagu tersebut.
6. Games: Permainan juga bisa digunakan dalam pengajaran bahasa inggris. Usahakan permainan yang dilakukan ada movement dalam artian mereka bergerak. Contohnya kita mau mengajarkan tentang Fruit: kita siapkan 4 buah(apple, mango, orange and banana) yang diletakkan di setiap pojok kelas, siswa dikumpulkan ditengah. Siswa diberi instruksi: run to the apple!, run to the orange! dll. Anak-anak akan berlari menuju buah yang dimaksud.
7. Drill &Reading Aloud: untuk melatih pronunciation anak, teknik ini bisa digunakan. Anak-anak secara bersama- sama mengikuti pelafalan guru. Teknik ini sangat efektif karena anak-anak di usia mereka suka mengikuti apa saja yang diucapkan salah satu temannya.
8. Reward: pemberian penghargaan kepada anak-anak yang aktif dan bersikap baik untuk memotivasi mereka selalu aktif berpartisipasi. Reward ini diusahakan jangan makanan, karena akan mengganggu proses pembelajaran, stiker kartun yang berwarna bisa digunakan untuk memotivasi belajar anak.
Inilah beberapa teknik pengajaran TK yang di aplikasikan oleh Ulearn International. Sampai saat ini ada beberapa sekolah TK di Kabupaten Klungkung, Bangli, Gianyar dan di Denpasar, yang sudah di ajar menggunakan cara cara yang di paparkan di atas. Dampaknya di kelas anakanak menjadi aktif berpartisipasi, riang gembira dan sangat antusias menyapa gurunya bila suatu saat berlalu di halaman sekolah. Menandakan bahwa pembelajaran bahasa inggris yang merupakan bahasa asing bagi siswa di senangi karena menggembirakan.
Proses belajar mengajar ini tentu tidak lengkap bila tidak di dukung oleh alat-alat pendukung yang memudahkan siswa untuk berinteraksi. Melihat kebutuhan itu Ulearn International mencetak buku panduan Bahasa Inggris untuk TK A dan TK B. Buku tersebut di susun berdasarkan pengalaman beberapa tahun mengajar di kelas TK dan di sessuaikan dengan kurikulum TK dari pemerintah.
Endra Krisna
ULearn International Klungkung
Jln. Puputan No.46 Semarapura
Telp. 0366-531 3911
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "BELAJAR BAHASA INGGRIS DI TK"

Poskan Komentar